Laman

Sunday 4 August 2013

Catatan Singkat Kebudayaan Klasik Indonesia

UJI KOMPETENSI
Jawablah petanyaan berikut dengan jawaban yang jelas.
1.      Jelaskan secara singkat sejarah masuk dan berkembangnya kebudayaan hindu-budha di Indonesia!
Jawab :
            Masuk dan berkembangnya kebudayaankehidupan hindu-budha di Indonesia melalui kontak hubungan pelajaran dan perdagangan antara india dan Indonesia yang di perkirakan telah terjalin sejak awal masehi. Agama budha mulai diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia 2 abad kemudian, hal ini dibuktikan melalui sumber visual yang berupa acara budha yang ditemukan di Sulawesi selatan.Kebudayaan ini membuat perubahan besra terhadap Indonesia yang mengatarkan bangsa ini masuk jaman sejarah.
            Pengaruh kenudayaan ini semakin nyata terlihat dalam susnan masyarakat yaitu timbulnya kedudukan kerajaan dan bentuk pemerintahan kerajaan.
            Agama hindu dan budha dikenalakan tidak melalui kekerasan atau dilakukan oleh para pedagang. Kerjaan yang pertama kali dikembangkan ajaran hindu-budha yaitu kerajaan hindu di Kalimantan timur, kerajaan tarumanegara dan kutai di jawa barat.

2.      Apa sajakah yang mempengaruhi masuk dan berkembangnya kebudayaan hindu-budha di Indonesia?
Jawab :
Yang mempengruhi masuk dan berkembangnya kebudayaan hindu-budha di Indonesia adalah ditemukannya keterangan-keterangan tertulis yaitu batu-batu bersurat di daerah kutai (Kalimantan timur) dan di jawa barat seperti tulisan berhuruf palawa dan bahasa sansekerta pengaruh ini dating dari india.

3.      Apa sajakah yang mendorong masuk dan berkembangnya kebudayaan hindu-budha di Indonesia?
Jawab :
yang mendorong masuk dan berkembangnya kebudayaan hindu-budha di Indonesia adalah hanya berhubungan soal-soal keagamaan dan pandangan hidup. Inilah yang akan memperngaruhi dan menentukan arah perkembangan selajutnya dari kebudayaan hindu-budha selama jalan klasik.

4.      Siapa sajakah yang menyebar luaskan ajaran agama hindu-budha di Indonesia!
Jawab :
yang menyebar luaskan ajaran agama hindu-budha di Indonesia adlah para pendeta dan brahmana dari india memlalui raja-raja dari kerajaan yang ada di Indonesia.

5.      Sebutkan daerah-daerah yang pertama kali di kembangkan ajaran agama hindu-budha di Indonesia!
Jawab :

Daerah yang pertama kali dijumpai yaitu kerajaan Hindu di Kalimantan, kerajaan Kutai dan Tarumanegara di Jawa Barat, Sumatera, Sulawesi, dan bali.

No comments:

Post a Comment