Laman

Sunday 12 January 2014

Aktualisasi Nilai Budaya Kerja

UJI KOMPETENSI
Jawablah petanyaan berikut dengan jawaban yang jelas.
1.      Apa yang dimaksud dengan aktualisasi nialai budaya ?je;askan!
Jawab  :
            Aktualisasi tersebut dalam arti seseorang itu memiliki pekerjaan dan bekerja secara baik serta terampil sehingga hasil dari pekerjaannya tersebut dapat menghidupi keluarga sekaligus juga dapat menduduki status social yang tinggi dikehidupan masyarakat.

2.      Masyarakat Lampung mengenal adanya berbagai upacara daur hidup ?jelaskan !
Jawab  :
            Masyarakat Lampung mengenal adanya berbagai upacara daur hidup seperti upacara kelahiran, perkawinan, dan upacara kematian.

3.      Dalam palsapah p[iil pesenggiri terdapat nilai-nilai luhur, sebutkan dan jelaskan !
Jawab  :
            Dimana laku keseharian memang sepantasnya adalah merupakan keseimbangan nalai luhur yang meliputi piker luhur, pitutur luhur, laku luhur. Konsep triluhur ini akan mengekspresikan Pundak Waya yang sepadan dengan simah.

4.      Dalam upacara cangget terdapat nilai luhur, sebutkan !
Jawab  :
a.      Produktif
b.      Kompetitif
c.       Kooperatif
d.      inovatif

5.      Dalam warisa budaya masyarakat Lampung juga terdapat nila-nilai luhur sebutkan danjelaskan !
Jawab  :

            Dalam masyarakat etnis Lampung yang memiliki filsafah hidup piil pesenggiri mengandung nilai-nilai budaya kerja. Nilai-nilai budaya kerja tersebut merupakan warisan kultur masa lalu yang dijunjung tinggi bagi sebagian besar masyarakat Lampung masa kini. Piil pesenggiri merupakan sikap hidup masyarakat serta sekaligus merupakan standar kehormatan manusia dalam dan secara adat. Hal itu cukup beralasan karena piil pesenggiri yang memiliki nilai-nilai budaya kerja, bukan hanya disebabkan karena hal itu merupakan unsur khas tradisional ynag melembaga bagi etnis Lampung. Namun juga Karena nilai-nilai tersebut merupakan fitrah kehormatan manusiawi dan universal bagi setiap manusia yang hidup.

No comments:

Post a Comment