Laman

Sunday 12 January 2014

Penjelasan Tentang Isi dan Arti Lambang Daerah Lampung

UJI KOMPETENSI
Jawablah petanyaan berikut dengan jawaban yang jelas.
1.      Jelaskan makna symbol dari pakaian dan perhiasan pengantin tradisional Lampung !
Jawab  :
Ø  Tata Rias Bagian Kepala :
Mempelai perempuan menngunakan sanggul malang atau kelar tung tebang,, dihiasi rangkaian bunga melati, mengenakan siger dilengkapi dengan berbagai perhiasan mahkta.Siger merupakan perlengkapan permaisuri raja. Hal ini mengisyaratkan agar mempelai wanita dapat mengatasi hal – hal yang menimbulkan permasalahan.Mahkota mempunyai makna menyatukan tekad kedua mempelai untuk mengbina rumah tangga.
Untaian melati dan penekan berwarna merah dengan hiasan warna emas melambangkan kejayaan, hal ini merupakan pesan atau isyarat bahwa perempuan dalam rumah tangga harus dapat menjaga diri baik dari hal – hal yang timbul dari luar maupun dari dalam rumah tangga yang dibinanya.
Mempelai laki – laki mengenakan kopiah emas ataupun kat pujuk dapat disamakan dan mahkta sebagai perlengkapan pakaian dan perhiasan seorang raja, dengan mahkta dikenakan dikala bersanding, pengantin pria diibaratkan sebagai raja.Mahkota sebagai syarat bahwa raja harus dapat berbuat bijaksana penuh pertimbangan, cakap, dan adil.

Ø  Tata Rias Badan :
Dari pakaian yang berwarna putih, merah dan keemasan mengandung makna kejayaan.Warna emas menggambarkan bahwa lampung mempunyai kekayaan yang melimpah baik dari hasil bumi ataupun kandungan mineral yang ada di dalam tanah, dan pada umumnya Sumatra disebut sebagai Swarna Bhumi.Berbagai jenis kalung yang tersusun di leher dan berbagai perlengkapan yang di sandang di dada, bahu ataupun pinggang, mempunyai makna bahwa manusia dalam bertindak harus menurut aturan sesuai dengan tahapan kehidupan.
Pada kedua lengan mempelai di pasang berbagai jenis gelang dan salah satunya adalah gelang burung dan hanya di pakai pada saat bersanding dan mempunyai bahwa sebagai rang yang mulai memasuki tata kehidupan yang baru, sudah siap memikul beban kehidupan rumah tangga.

Ø  Busana Badan Bagian Bawah :
Untuk busana mempelai perempuan dikenakan kain tapis ataupun kain kumpal.Kedua kain inimerupakan kain tradisional Lampung yang banyak di hias dengan benang emas, hal inimelambangkan kekayaan dan kejayaan.Bagian kaki menggunakan alas kaki yang di sebut selop dengan berbagai hiasan dan motif sulur daun dan bunga.Selop di gunakanoleh pengantin dan mempunyai fungsi praktis dan estetis, namun apabila di kaitkan dengan makna simbolis dari berbagai motif yang ada mempunyai arti kesuburan dan kebesaran bahwa kehidupan rumah tangganya mendapatkan banyak limpahan rezeki.
Pemakaian celana panjang dan kain tumpal pada  mempelai laki – laki berfungsi sebagai penutup badan, praktis dan estetis. Makna kain tumpal sebagai penutup badan yang di kenakan setelah memakai celana panjang mempunyai makna kesempurnaan.Kain tumpal dikenakan pada bagian pinggang hingga bagian lutut mengisyaratkan bahwa dengan mengarungi kehidupan rumah tangga berati mereka telah memasuki tahap kesempurnaan hidup, artinya sepenuhnya menjadi anggota masyarakat.

2.      Jelaskan makna dari siger Lampung dalam pandangan umum!
Jawab  :
Siger Lampung adalah mahkota perlambangan adat budaya dan tingkat kehidupan terhormat.

3.      Jelaskan makna dari payung agung dalam masyarakat Lampung !
Jawab  :
Makna paying agung adalah sebagai yang melambangkan Negara Republik Indonesia Proklamasi 17 Agustus 1945 dan  yang melambangkan provinsi Lampung tempat semua berlindung.

4.      Apa arti Ruwa Jurai secara :
a.      Linguistik cultruil ?
b.      Social masyarakat ?
Jawab  :
a.      Linguistic cultruil  : terdiri dari dua unsur keturunan asal yang tergolong dalam masyarakat Lampung yang berbahasa “O” dan masyarakat Lampung yang berbahasa “A”
b.      Sosiologis              : terdiri dari dua unsur golongan masyarakat yang terdapat sekarang masyarakat Lampung asli dan Migrasi

5.      Apa arti buah dan daun lada dalam lambang Lampung ?jelaskan !
Jawab  :

Arti buah dan daun lada adalah Daun =17, Buah Lada 8, Lada merupakan produk utama penduduk asli sejak masa lampau sehingga Lampung dikenal bangsa-bangsa Asia dan bangsa-bangsa Barat. Biji lada 64, Menunjukan bahwa terbentuknya Dati I Lampung tahun 1964   

No comments:

Post a Comment